Antics3D : Software Animasi 3D Gratis dan Mudah

,
Kesulitan yang ditemui para newbie animator 3D (terutama yang masih dalam tahap pembelajaran) sering membuat ciut semangat mereka untuk mempelajari lebih lanjut. Memang dibutuhkan ketelatenan khusus dalam mempelajarinya (begitu juga saya...huh...amit2 susah banget belajar blender). Sebagian menyerah, sebagian tetap bertahan dan berusaha melewati tahap pembelajaran yang lamanya tidak dapat diperkirakan (termasuk saya, semoga terus begitu) tergantung dari usaha (dan ada juga yang bilang...talenta, tp saya ga peduli ini).

Hal ini disadari dan ditanggapi dengan baik oleh para pengembang software 3D. Sekarang banyak jenis jenis software yang dibuat/dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam membuat animasi 3D. Antics3D (www.antics3d.com) merupakan salah satu software tersebut. Contoh lainnya? Banyak, ada iClone (www.reallusion.com/iclone), moviestorm (www.moviestorm.co.uk), google sketchup (sketchup.google.com) dsb.

Disini saya ingin memperkenalkan secara Antics3D secara singkat saja. Software ini free, free, dan free (fully-functional). Anda dapat menggunakannya secara bebas, sebatas untuk penggunaan non-commercial. Bisa saya katakan juga bahwa Antics dapat digunakan untuk membuat movie rancangan anda sendiri dengan sangat mudah. Just click and drag (begitu semboyan mereka). Toolsnya sederhana, sebagian mirip Sketchup. Animasi preset-nya pun banyak, tinggal pakai. Mulai dari animasi berjalan, lari, say hello, merokok, minum, menendang, jatuh, .....dst. Just trust me...software yang satu ini kaya animasi!



Hal yang menarik dari Antics3D adalah animasinya yang flexible, character Antics (model manusia dari Antics) dapat berinteraksi dengan model-model Antics yang .....(saya lupa istilahnya, yang jelas maksudnya model presetnya Antics). Berinteraksi disini misalnya mengambil benda yang terjatuh (benda ini adalah model Antics) misalnya senjata, menjatuhkannya kembali, dsb. Character dapat membuka pintu dan menutupnya kembali. Ditambah lagi bahwa Antics dapat mengimport model 3D berbentuk .skp file (google sketchup). Ini gila! Artinya, kita dapat menambahkan model yang kita buat dari Sketchup ke dalam Antics! Ingin lebih mudah? Silakan download ribuan model 3D yang tersedia gratis di google Warehouse. Hmmm....

Setelah bicara kelebihan, sekarang kita bicara kelemahan. Menurut saya, kelemahan Antics3D antara lain :
  • Kualitas gambar/model 3D kurang realistic.
  • Ekspresi wajah tidak ada, jadi terkesan kosong (pandangan mata karakternya).
  • Untuk versi free, kita hanya diperbolehkan mendownload bonus pack saja, isi model nya sih banyak, kecuali characternya, cuma lima biji, lima variasi baju. Sebenarnya bisa saja kita download character tambahan, tapi bayar duluuuu...emang sih, ga terlalu mahal, sekitar 30 ribu rupiah per orang. hehehe :D. nb: sebenarnya kita dapat juga membuat character sendiri, seperti robot. Lihat contohnya disini.
  • kurang mengeksplor kemampuan kita. Yups tau sendiri.
Kesimpulannya, Antics3D (YANG FREE) cocok digunakan untuk membuat animasi sederhana, tanpa mengandung animasi sederhana dan sedikit karakter. Misalnya membuat animasi preview model bangunan (mudahnya dari Sketchup), yang hanya butuh camera animation, Antics cocok sekali! Tambahkan saja character diam dari Google Warehouse...muihh...muantaps! Untuk VCD pembelajaran, apalagi, Antics pilihan yang cerdas (bagi yang ingin cepat dan praktis).

Ya...selebihnya terserah anda! :) .....***nerusin belajar Blender dulu!***

6 komentar:

Home mengatakan...

saya tertarik dengan software ini, dimana saya bisa mendapatkan info2 atau buku2 nya, thanks



salam kenal

Home mengatakan...

SALAMA KENAL YACH

Anonim mengatakan...

THANKS INFONA

sigietz-online mengatakan...

thanks infonampopp

Anonim mengatakan...

saya sudah mencoba untuk download.tapi perlu verifikasi e mail.waktu saya registrasi,password bla bla gt...memangnya untuk mengisi password perlu karakter khusus??dimana saya bisa download dengan mudah???trims

Unknown mengatakan...

http://www301.megaupload.com/files/116d43f91f84954db18a7b7ed68dad65/AnticsSetupBase.exe sedot aja dr situ